RPPH
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN)
Minggu / hari : Minggu 2 / Rabu
Materi : Binatang Udara (Burung
Beo)
Sasaran :
TK A Semester
: II
Alokasi waktu : 08.20 – 10.10 Model
: Kelompok dengan sudut
- sudut
kegiatan
KD : 1.1, 2.9, 3.3, 4.3, 3.10, 4.10, 3.6, 4.6, 3.13,
4.13, 3.15, 4.15
Muatan Materi :
-
Berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
(1.1)
-
Bercakap – cakap
tentang burung beo (3.10, 4.10)
-
Menirukan gerakan
burung beo (3.3, 4.3)
-
Bersyair tentang burung beo (4.15)
-
Bermain memasangkan
gambar burung beo (3.6, 4.6)
-
Membuat burung beo (3.15, 4.15, 2.9)
Tujuan Pembelajaran
-
Anak dapat mengucapkan
do’a sebelum dan sesudah kegiatan
-
Mengetahui ciri – ciri burung beo
-
Mampu melakukan
gerakan seperti burung terbang di udara
-
Mampu mengelompokkan burung beo sesuai dengan warna
-
Mampu bersyair tentang beo
-
Mampu membuat burung beo
-
Anak dapat bermain dengan temannya
Urutan kegiatan
A. Pembukaan
(morning meeting)
1. Salam
pagi hari : Menyambut kedatangan
anak dengan senyuman dan pelukan
hangat
hangat
2. Ikrar
dan doa : Anak bersama guru, boleh
dipimpin salah satu anak yang bersedia
(1.1)
3. Jurnal
pagi :
-
Menanyakan keadaan anak
pagi ini
-
Bernyanyi dan absen
-
Membicarakan kegiatan
kemarin
-
Anak mengamati
penjelasan guru tentang kegiatan yang akan
dilakukan hari ini dan bercakap – cakap
tentang burung beo dengan media gambar (3.10, 4.10)
-
Guru bertanya
tentang ciri – ciri beo dan menggali pengalaman anak
-
Sebelum masuk ke
sudut – sudut kegiatan, anak – anak diajak guru menirukan gerakan burung
terbang diudara (3.3, 4.3)
B. Kegiatan
Inti
-
Mengumpulkan Informasi
Sudut alam sekitar dan
pengetahuan :
Anak
memasangkan gambar burung beo sesuai
dengan warna (3.6, 4.6)
Anak
bersyair tentang beo (3.15, 4.15)
Sudut pembangunan :
Anak
membuat burung beo dari koran bekas dan kertas lipat (3.15, 4.15,
2.9)
-
Menalar
Guru memancing
pertanyaan terbuka untuk memperluas cara main anak
Anak didorong untuk
mencoba menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang berbeda sehingga kaya
pengalaman
C. Istirahat
Makan (30 menit)
-
Mencuci tangan, berdo’a
sebelum dan sesudah makan
-
Bermain bebas (3.13, 4.13)
D. Kegiatan
Akhir (30 menit)
-
Mengkomunikasikan
informasi
Anak diajak
duduk melingkar dan menanyakan apa saja kegiatan yang telah dilakukan
-
Umpan balik dan
informasi tentang kegiatan esok hari sebagai motivasi bagi anak
-
Bernsyair burung beo
-
Do’a pulang dan salam
perpisahan.
Media
/ Sumber belajar : Gambar burung beo, lembar kerja, koran bekas, kertas lipat,
lem
Metode pembelajaran : Bercakap – cakap, pemberian
tugas, demonstrasi,
Teknik penilaian : Percakapan, penugasan, unjuk kerja
Penilaian :
KI
|
KOMPETENSI
YANG INGIN DICAPAI
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
SPIRITUAL
|
Berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
Anak belum mampu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
secara mandiri
|
Anak mulai mampu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
meskipun belum sepenuhnya hafal dan didampingi oleh guru
|
Anak mampu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
didampingi oleh guru
|
Anak mampu berdoa sebelum dan sesudah kegiatan secara
mandiri
|
SIKAP
SOSIAL
|
Menjalin
pertemanan saat kegiatan bermain
|
Anak belum mampu menjalin pertemanan, masih ada sifat
egosentris yang lebih dominan
|
Anak mulai mampu menjalin pertemanan meskipun kadang
masih nampak sifat egosentris dan perlu didampingi oleh guru
|
Anak mampu menjalin pertemanan, namun masih membutuhkan
sebuah penguatan dari guru
|
Anak mampu menjalin pertemanan secara mandiri
|
PENGETAHUAN dan
KETERAMPILAN
|
Mampu mengelompokkan gambar beo berdasarkan warna
|
Anak belum mampu mengelompokkan gambar beo berdasarkan
warna
|
Anak mampu mengelompokkan beberapa gambar beo
berdasarkan warna dan didampingi oleh guru
|
Anak mampu mengelompokkan gambar beo berdasarkan warna
namun ada sedikit kesalahan (1-2 kesalahan)
|
Anak mampu mengelompokkan gambar beo berdasarkan warna
secara benar dan mandiri
|
Membuat burung beo dari koran bekas dan kertas lipat
|
Anak belum mampu membuat burung beo
|
Anak mampu membuat burung beo namun butuh pendampingan
dari guru
|
Anak mampu membuat burung beo ada pendampingan dari
guru namun hanya memberikan penguatan untuk anak
|
Anak mampu membuat burung beo secara mandiri, tepat
waktu dan rapi
|
|
Menirukan gerakan burung terbang diudara
|
Anak belum mampu menirukan gerakan burung terbang
diudara
|
Anak mampu menirukan gerakan burung terbang diudara
didampingi oleh guru
|
Anak mampu menirukan gerakan burung terbang diudara dan
anak masih membutuhkan sebuah penguatan dari guru
|
Anak mampu menirukan gerakan burung terbang diudara
secara mandiri
|
|
Mampu bersyair tentang burung beo
|
Anak belum mampu bersyair tentang burung beo
|
Anak mampu bersyair sebagian tentang burung beo dan
didampingi oleh guru
|
Anak mampu bersyair tentang burung beo, anak masih
membutuhkan sebuah penguatan dari guru dan sedikit malu – malu
|
Anak mampu bersyair tentang burung beo secara percaya
diri dan jelas kata – kata yang diucapkan
|
Surabaya,
18 Nopember 2015
Mengetahui;
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
...........................
................................
Post a Comment
Post a Comment