BAB II
PEMBAHASAN
A.
Penilaian Kegiatan Pada Lembaga Satuan PAUD Sejenis
1.
Pengertian Penilaian
Penilaian adalah
suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala,
berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik. Penilaian program juga sebagai proses pengumpulan
dan penelaahan data secara berencana, sistematis, dan dengan menggunakan metode
dan alat tertentu untuk mengukur tingkat kenerhasilan atau pencapaian tujuan
program dengan menggunakan tolok ukur yang telah ditentukan.
2.
Tujuan Penilaian
a.
Tujuan penilaian umum adalah memberi arah dan acuan
kepada pelaksana dslam mengevaluasi program – program PAUD untuk dijadikan
bahan masukan dalam menyempurnakan an mengembangkan program – program PAUD
serta menyusun kebijakan yang akan datang.
b.
Tujuan penilaian khusus adsalah mengumpulkan data,
menganalisis, menginterprestasi data, menyusun, dan menyampaikan laporan hasil
penilaian yang berkaitan dengan :
1)
Kemajuan program, yaitu untuk mengetahui ketercapaian
kemampuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum satuan PAUD Sejenis (SPS) dan
memberikan acuan bagi penyusn buku petunjuk pelaksanaan penilaian.
2)
Sarana kegiatan belajar.
3)
Tenaga pendidik, yaitu sebagai pedoman bagi tenaga kependidikan
di lapangan.
3.
Fungsi Penilaian
a.
Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki
KBM.
b.
Memberikan informasi kepada orang tua tentang
tercapainya pertumbuhan dan perkembangan anaknya agar dapat memperbaiki dan
meninbgkatkan bimbingan dan motivasi.
c.
Sebagai bahan pertimbangan guru untuk menempatkan anak
dalam kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak didik yan
memungkinkan anak didik dapat mencapai kemampuan secara optimal.
d.
Sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan
dalam memberikan pembinaan selanjutnya.
4.
Prinsip – prinsip Penilaian
a.
Menyeluruh
Menyeluruh adalah penilaian
mencakup aspek proses dan hasil pengembangan yang secara bertahap menggambarkan
perubahan tingkah laku.
b.
Berkesinambungan
Berkesinambungan adalah penilaian yang
dilsakukan secara berencana, bertahap, dan terus – menerus untuk memperoleh
gambaran menyeluruh terhadap hasil pembelajaran.
c.
Objektif
Objektif adalah penilaian yang
dilakukan seobjektif mungkin dengan memperhatikan perbedaan dan keunikan
perkembangan anak, dimana tidak selalu memberikan penafsiran yang sama terhdap
gejala yang sama.
d.
Mendidik
Mendidik adalah hasil penilaian
digunakan untuk membina dan memberikan dorongan kepada anak didik dalam
meningkatkan kemampuannya sehingga anak dapat mengembangkan rasa berhasilnya.
e.
Kebermaknaan
Kebermaknaan adalah hasil penilaian
harus bermakna bagi guru atau pengasuh, orang tua, anak, dan pihak lain yang
memerlukan.
B.
Komponen Penilaian proses kegiatan belajar dikaitkan
dengan perkembangan anak
Kegiatan
evaluasi yang dilakukan di program pos PAUD mencakup dua kegiatan, yaitu
evaluasi terhadap program satuan PAUD sejenis dan evaluasi terhadap hasil
kemajuan perkembangan anak
1.
Evaluasi program
Bertujuan untuk
mengetahui efektivitas pelaksanaan program pos PAUD. Evaluasi program mengukur
sejauh mana indikator keberhasilan dapat tercapai oleh misalnya Pos PAUD
bersangkutan. Evaluasi program mencakup penilaian terhadap berikut ini :
a.
Kinerja Kader dan pengelola.
b.
Program pembelajaran.
c.
Administrasi kelompok.
d.
Potensi berkembang menjadi layanan PAUD yang permanen,
seperti Kelompok Bermain dan sederajat.
Evaluasi program
dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan Kecamatan bersama unsur PKK. Evaluasi
program dapat dilakukan setidaknya setiap akhir tahun kegiatan belajar anak.
2.
Evaluasi kemajuan perkembangan anak
Pencatatan kegiatan
belajar anak dilakukan setiap pertemuan dengan cara mencatat perkembangan
kemampuan anak dalam hal motorik kasar, motorik halus, berbahasa, sosial dan
aspek –aspek lain. Pencatatan kegiatan main anak dilakukan oleh kader. Selain
mencatat kemajuan belajar anak kader juga dapat menggunakan lembaran ceklist
perkembangan anak. Dilihat dari hasil perkembangan karya anak, oleh karena itu
semua hasil karya anak dijadikan bahan evaluasi dan laporan perkembangan
belajar kepada orang tua masing –masing.
Tata cara penilaian kemajuan
belajar anak dipaparkan pada petunjuk penilaian :
a.
Anekdot
b.
Wawancara
c.
Pengamatan, adalah suatu pengumpulan data yang
pengisiannya berdasarkan atas pengamatan langsung terhadap sikap dan perilaku
anak.
d.
Performance/ penampilan dan
e.
Portofolio/kumpulan hasil karya anak.
C.
Pembinaan
1.
Petugas pembinaan
Petugas
pembinaan untuk program pos PAUD adalah dari unsur PKK dan Dinas Pendidikan
Kecamatan.
2.
Lingkup pembinaan
Kegiatan
pembinaan yang dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan terbatas pada lingkup
pembinaan Pos PAUD. Pembinaan program BKB dilakukan oleh petugas BKKBN
sedangkan pembinaan petugas Posyandu oleh Dinas Kesehatan. TP-PKK sebagai tim
penggerak program di lapangan dapat dilibatkan dalam pembinaan secara
menyeluruh bersama instansi terkait.
D.
Pelaporan
1.
Pelaporan hasil kemajuan perkembangan anak
Laporan
perkembangan anak disampaikan kepada orang tua masing – masing dengan
menggunakan format laporan terakhir. Penyampaian laporan ke orang tua akan
dilakukan sewaktu – waktu jika diperlukan. Laporan berkala akan disampaikan 6
bulan sekali.
2.
Pelaporan program
Laporan program
disusun oleh pengelola dengan diketahui oleh ketua PKK Desa dan disampaikan ke
Dinas Pendidikan Kecamatan dan Ketua PKK Kecamatan. Penyampaian laporan program
dilakukan setiap 6 bulan.
E.
Sertifikasi
Anak yang
selesai mengikuti program Pos PAUD dapat diberikan sertifikat. Sertifikat
dikeluarkan oleh pengelola dengan diketahui oleh Kepala Dinas Kecamatan. Bentuk
sertifikat ditentukan oleh daerah.
F.
Contoh lembar pengamatan
Dibawah ini
adalah contoh bentuk pengamatan yang digunakan dalam penilaian kegiatan pada lembaga
satuan PAUD sejenis
Keterampilan Sosial Emosional
Ceklist
|
Usia
|
Indikator
|
..................
..................
.................
..................
|
2 tahun
|
·
Memperhatikan temannya bermain dan segera
bergabung
·
Mempertahankan hak miliknya
·
Memilih diantara dua alternatif
·
Memperlihatkan kemandirian dengan lebih banyak
berbuat untuk diri sendiri
|
2,6 tahun
|
·
Melakukan permaina sederhana, seperti
memasukkan gelang.
·
Mulai bermain dengan anak lain, bergantian
dengan satu peringatan
·
Menunjukkan kepuasan karena dapat melakukan
tugas kecil untuk orang lain
·
Memahami jenis kelamin
|
|
3 tahun
|
·
Memilih tetam bermain
·
Memulai interaksi sosial dengan anak lain
·
Berbagi mainan, bahan ajar atau makanan
·
Meminta izin untuk memakai barang milik orang
lain
·
Mengekspresikan sejumlah emosi melalui
tindakan, kata – kata atau ekspresi wajah
|
|
3,6 tahun
|
·
Menunggu dan menunda keinginan selama 5menit
·
Menikmati kedekatan sementara dengan salah
satu teman bermain
|
|
4 tahun
|
·
Menunjukkan kebanggaan terhadap keberhasilan
·
Dapat membuat sesuatu karena imajinasi dominan
·
Memecahkan masalah dengan teman sekelas
melalui proses penggantian, persuasi, dan negosiasi
|
|
4,6 tahun
|
·
Menunjukkan rasa percaya diri dalam
mengerjakan tugas
·
Menceritakan kejadian / pengalaman yang baru
berlalu
·
Lebih menyukai ditemani teman sebaya
dibandingkan orang dewasa
·
Menyatakan alasan untuk perasaan orang lain
·
Menggunakan barang – barang milik orang lain
dengan hati – hati
·
Menghentikan perilaku yang tidak pantas karena
satu kali teguran
|
|
5 tahun
|
·
Memiliki beberapa kawan, mungkin satu sahabat
·
Memuji, memberi semangat atau menolong anak
lain
|
|
5,6 tahun
|
·
Lebih mandiri
·
Merasa puas berteman meskipun pada saat krisis
muncul
·
Mengatakan pertanyaan – pertanyaan positif
mengenai keunikan dan keterampilan
·
Berteman secara mandiri
|
|
6 tahun
|
·
Dapat memecahkan masalah secara konsisten
dalam situasi sosial
|
Keterampilan Berperan Serta
Ceklist
|
Usia
|
Indikator
|
2 Tahun
|
·
Membantu orang deawasa membereskan mainan
·
Meniru perbuatan orang lain
·
Bermain di dekat anak lain dalam permainan
paralel
·
Mengadakan kontak mata dengan anak lain saat
berbicara
|
|
2,6 Tahun
|
·
Terlibat dalam bermain peran, meniru orang
lain
·
Mengerjakan sesuatu dengan orang dewasa selama
5 menit
·
Mempergunakan boneka atau mainan untuk
mendukung bermain peran
·
Sering mencoba kegiatan – kegiatan baru
·
Berperan serta dalam kegiatan kelompok kecil,
bernyanyi, makan, mendengarkan cerita selama 5 – 10 menit
·
Bermain sendiri secara mandiri selama 20 menit
|
|
3 Tahun
|
·
Mempergunakan balok dan obyek lain untuk
membuat satu bangunan sederhana
·
Berperan serta dalam kelompok kecil yang
dipimpin oleh orang dewasa selama 10 – 5 menit
·
Memulai bermain peran, memperagakan satu
adegan
·
Bertamasya, bermain rumah – rumahan, berpura –
pura menjadi binatang
·
Melakukan kegiatan sendirian selama 20 menit
·
bertamasya, bermain rumah-rumahan,berpura-pura
menjadi binatang
·
melakukan kegiatan sendirian selama 20 menit
|
|
3,
6 tahun
|
·
bermain secara bergiliran dengan semakin sedikit
bantuan
·
melakukan sesuatu dengan anak-anak lain selama 10
menit
·
mempergunakan balok atau benda lain untuk membuat
bangunan yang lebih rumit
·
secara rutin mematuhi 3 aturan kelas
·
membereskan mainan secara mandiri
·
bermain dengan dua atau tiga anak lain selama 15
menit
|
|
4
tahun
|
·
melakukan tugas-tugas sederhana dan rutin
·
memainkan papn permainan yang sederhana dengan
bantuan orang lain
·
bermain peran lebih mendekati kenyataan dengan
memperhatikan detil, waktu, dan jarak
|
|
4,
6 tahun
|
·
mengekspresikan petunjuk verbal dalam bermain
·
bermain bergantian tanpa bantuan orang dewasa
·
memainkan atu peran dalam permainan sandiwara
dengan teman yang lain
|
|
5
tahun
|
·
Bermsn bersama-sama dengan orang lain yang
melibatkan pengambilan keputusan
·
Melakukan pekerjaan rutin dengan satu kali
peringatan
|
|
6
tahun
|
·
Memainkan permainan yang kompetitif
·
Memainkan dua atau tiga permainan papan
·
Melakukan sesuatu secara mandiri selama 20 menit
·
Bermain bersama-sama dengan dua atau tiga teman
selama 20 menit
·
Menyatakan dan mematuhi secara rutin 5
aturn-aturan kelas
·
Secara mandiri mengambil dan mengembalikan
bahan-bahan yang di perlukan untuk satu tugas
|
Ketrampilan untuk kemandirian
Ceklist
|
Usia
|
indikator
|
2
tahun
|
·
Melepaskan pakaian yang memakai kancing/ikatan
yang mudah dilepas
·
Mengantisipasi dan menyampaikan keinginan untuk ke
kamar kecil secara cukup konsisten
·
Mencuci tangan, mungkin masih membutuhkan bantuan
untuk memakai sabun secara efisien
·
Minum dari gelas yang ukurannya khusus untuk
anak-anak usia 2 tahun
|
|
2,6
tahun
|
·
Memakai baju berlengan panjang dengan sedikit
bantuan pada saat mengencangkan
·
Mengeringkan tangan dengan bantuan orang lain
·
Ke kamar kecil dengan bantuan
·
Dapat mengendalikan BAB dan BAK pada malam dan
siang hari atau tidak enurisis dan enchopresis
|
|
3
tahun
|
·
Mempergunakan serbet untuk membersihkan tumpahan
makanan
·
Menuangkan air dengan baik dari tempat air yang
kecil
·
Makan sendiri
·
Mengambil sendiri minum dari sumber air minum
·
Memakai pakaian secara lengkap
·
Membuka dan memasukkan kancing dengan yang besar
·
Memakai sepatu boot sendiri
·
Ke kamar kecil sendiri
·
Berusaha membersihkan diri saat buang air besar
·
Mencuci tangan tanpa bantuan orang lain
·
Menyiram kloset sendiri
·
Membuka dan menutup keran sendiri
·
Memahami mana keran air panas dan air dingun
|
|
4
tahun
|
·
Melepas pakaian secara lengkap (pullover)
·
Memakai pakaian sendiri tanpa bantuan orang lain
·
Berusaha mengikat tali sepatu
·
Memperhatikan kebutuhan ke kamar kecil
·
Menyikat gigi dengan diawasi
·
Menyeka hidung saat diperlukan
|
|
5
tahun
|
·
Memasang tali sepatu
·
Memakai baju legkap sendiri
·
Menutup mulut jika batuk atau bersin
·
Menyikat gigitanpa dibantu
|
Ketrampilan fisik (motorik halus dan
motorik kasar)
Ceklist
|
Usia
|
indikator
|
2
tahun
|
·
Berdiri di atas satu kaki selama beberapa saat
·
Lompat di tepat dengan dua kaki bersama-sama
·
Menguntai empat manik-manik besar
·
Membalik halaman buku tanpa bantuan orang lain
·
Menumpuk benda dari yang terkecil sampai terbesar
·
Membangun menara yang terdiri dari enam atau tujuh
tingkat kotak
·
Mencoret-coret, jarang meninggalkan lembaran kerta
besar
·
Memegang gunting dan menyobk pinggir kertas
|
|
2,6
tahun
|
·
Melompati objek yang berkentinggian lebih dari 15
cm, mendarat dengan dua kaki menginjak tanah
·
Berlari ke depan dengan baik, berhenti dan memulai
dengan mudah, jarang terjatuh
·
Berjingkat-jingkat
·
Menapaki 4-6 anak tangga dengan kaki kiri dan
kanan bergantian
·
Berjalan menuju dan menendang bola yang tidak
bergerak
·
Melempar bola dengan kedua tangan di atas kepala
·
Membangun menara yang terdiri dari 8 kotak
·
Membuka dan menutup gunting dan mulai memotong
kertas
·
Memgang krayon dengan ibu jari dan empat jari
bukan dengan kepalan
·
Menggulung, menguleni, menekan, dan menarik adonan
atau tanah liat
|
|
3
tahun
|
·
Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-0 detik
·
Berdiri di ats kaki lainnya selama beberapa saat
·
Menaiki dan menuruni tangga dengan berganti-ganti
kaki dan berpegangan pada pegangan tangga
·
Berlari berputar-putar tanpa kendla
·
Melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali
·
Melompat dengan salah satu kaki 5 kali
·
Melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu
lompatan
·
Menendang bola ke belakang dan ke depan dengan
mengayunkan kaki
·
Menangkap bola yang melambung dengan mendekapnya
ke dada
·
Mendorong,menarik dan mengendarai mainan beroda
dan bersepeda roda tiga
·
Mempergunakan papan luncur tanpa bantuan
·
Membangun menara yang terdiri dari 9-10 kotak
·
Menjiplak garis vertikal,horizontal, dan silang
·
Menjilak lingkaran
·
Mempergunakan kedua tangan untuk mengerjakan tugas
·
Memegang kertas dengan satu tangan dan
mempergunakan gunting untuk memotong selembar kertas berukuran 5 inchi
persegi menjadi dua bagian
|
|
4
tahun
|
·
Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
·
Berjalan maju dalam satu garis lurus dengan tumit
dan ibu jari kaki sejauh 6 kaki
·
Berjalan mundur dengan ibu jari kakike tumit
·
Lomba lari
·
Melompat ke depan 10 kali
·
Melompat ke belakang sekali
·
Bersalto/berguling ke depan
·
Menendang secara terkoordinasi ke belakang dan ke
depan dengan kaki terayun dan tangan mengayun ke arah berlawanan secara
bersamaan
·
Degan dua tangan menangkap bola yang dilemparkan
dari jarak 3 kaki
·
Melempar bola kecil dengan kedua tangan kepada
seseorang yang berjarak 4-6 kaki darinya
·
Membangun menara setinggi 11 kotak
·
Dapat mengulangi kalimat-kalimat yang terdiri dari
tiga atau empat suku kata
|
|
2,6
tahun
|
·
Menanggapi pertanyaan yang membutuhkan jawaban
ya/tidak sehubungan dengan inform
visual
·
Menggunakan kalimat sederhana/ frase yang terdiri
ari tiga atau empat suku kata
·
Menggunakan kata ganti orang ketika menyebut orang
lain.contoh : kamu
·
Menyatakan kebutuhan dan permintaan
·
Senang menikmati buku cerita sederhana salama
10-15 menit dan meminta dibacakn kembali
·
Menggambarkan tindakan kata enda jamak contoh
buku-buku
·
Mengenai bagian tubuh :
rambut,kepala,telinga,tangan,kaki,lengan,jari,perut,punggung,dan jari kaki
|
|
3
tahun
|
·
Mempergunakan kalimat sederhana yang terdiri dari
empat sampai lima kata
·
Menggunakan kata ganti saya
·
Menjawab pertanyaan siapa
·
Menggunakan frase negatif
·
Menggunakan kata keterangan lampau,menceritakan pengalaman
yang telah lalu
·
Bertanya dan menjawab pertanyaan mengapa
·
Menggunakan kata depan di dalam,di luar, di
samping
·
Melakukan serangkaian 2-3 perintah yang berkaitan
·
Memahami hubungan yang diungkapkan dengan kata
“jika......maka/karena”
·
Menunjuk dagu, ibu jari, leher dan kuku
·
Mengulang lagu anak-anak dan menyanyikan lagu
sederhana
|
|
3,6
tahun
|
·
Mengajukan pertanyaan mengenai apa, siapa dan
kenapa
·
Menghubungkan pengalaman dengan pemahaman mengenak
urutan dan akhir kejadian
·
Menandai warna merah dan biru
·
Bicaranya dapat dipahami oleh orang yang tidak
dikenal tapi masih membuat kesalahan kalimat
|
|
4
tahun
|
·
Memahami bebrapa kata sambung
·
Mendefisinikan benda yang sama
·
Mengajukan pertanyaan kapan dan mengapa
·
Menanyakan definisi kata-kata
·
Mengikuti 3 perintah yang tidak berhubungan dengan
urutan yang benar
·
Menunjuk dada, tumit, pergelangan kaki,rahang
·
Menanamkan warna hijau,kuning,oranye dan ungu
·
Memahami perbandingan seperti cantik, lebih cantik
dan paling cantik
·
Memahami urutan kejadian saat di ceritakan
|
|
4,6
tahun
|
·
Dapat menggambarkan perbedaan benda-benda
·
Dapat menggambarkan persamaan-persamaan benda
·
Menanamkan warna cokelat, hitam, merah muda, hitam
dan abu-abu
·
Membicarakan tentang hubungan sebab akibat dengan
menggunakan kata sehingga
·
Menggunakan kata kerja dan kata benda
·
Menunjukkan beraneka ragam penggunaan bahasa
mendapat dan memberikan keterangan mengekspresikan pendapat
|
|
5
tahun
|
·
Menggunakan kalimat yang terdiri dari 5 kata
·
Turut serta dalam percakapan tanpa monopoli
·
Menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan
urutan kejadian
·
Menggunakan kata besok dan kemarin
·
Menjawab telepon, menyampaikan pesan sederhana dan
menyampaikannya
·
Dapat mengulang kalimat yang terdiri dari 9-10
suku kata
·
Menjawab pertanyaan secara rutin selama kegiatan
kelompok selam 10-15 menit.
|
|
6
tahun
|
·
Menggunakan kalimat yang terdiri dari 6 kata
·
Menghubungkan pengalaman atau berbagi benda dengan
kelompok di kelas
·
Menjawab pertanyaan mengenai kapan
·
Mengulangi kalimat yang terdiri dari 10-11 suku
kata
|
Keterampilan Berkomunikasi (Memahami dan Berbicara)
Ceklist
|
Usia
|
Indikator
|
2 Tahun
|
·
Menunjuk dan menamai gambar sederhana
·
Mempergunakan kata ganti “aku”
·
Menggunakan frase 2 kata
·
Menggunakan kata milikku dan benda kepunyaanku
untuk menunjukkan kepemilikan
·
Memahami dan mengajukan pertanyaan sederhana,
seperti apa dan di mana
·
Memahami kata
·
Membuat kalimat negatif; saya tidak dapat
membuka ini
·
Menamai mulut, mata, hidung, dan kaki
·
Dapat mengulangi kalimat – kalimat yang
terdiri dari tiga atau empat suku kata
|
|
2,6 Tahun
|
·
Menanggapi pertanyaan yang membutuhkan jawaban
ya/tidak sehubungan dengan informs visual
·
Menggunakan kalimat sederhana /frase yang
terdiri dari tiga atau empat suku kata
·
Menggunakan kata ganti orang ketika menyebut
orang lain, conto : kamu
·
Menyatakan kebutuhan dan permintaan
·
Senang menikmati buku cerita sederhana selama
5 – 10 menit dan minta dibacakan kembali
·
Menggambarkan tindakan yang tertera dalam
gambar
·
Mempergunakan tindakan kata benda jamak,
contoh : buku – buku
·
Mengenali bagian tubuh : rambut, kepala,
telinga, tangan, kaki, lengan, jari perut, punggung, dan jari kaki
|
|
3 Tahun
|
·
Mempergunakan kalimat sederhana yang terdiri
dari empat sampai lima kata
·
Menggunakan kata ganti saya
·
Menjawab pertanyaan siapa
·
Menggunakan frase negatif
·
Menggunakan kata keterangan lampau, menceritakan
pengalaman yang telah lalu
·
Bertanya dan menjawab pertanyaan mengapa
·
Menggunakan kata depan di dalam, di luar, di
samping
·
Melakukan serangkaian 2 – 3 perintah yang
berkaitan
·
Memahami hubungan yang diungkapkan dengan kata
“jika.... maka/karena”
·
Menunjuk dagu, ibu jari, leher, dan kuku
·
Mengulang lagu anak – anak dan menyanyikan
lagu sederhana
|
|
3,6 Tahun
|
·
Mengajukan pertanyaan mengenai apa, siapa dan
kenapa
·
Menghubungkan pengalaman dengan pemahaman
mengenal urutan dan akhir kejadian
·
Menandai warna merah dan biru
·
Bicaranya dapat dipahami oleh orang yang tidak
dikenali tapi masih membuat kesalaham kalimat
|
|
4 Tahun
|
·
Memahami beberapa kata sambung
·
Mendefinisikan benda yang sama
·
Mengajukan pertanyaan kapan dan mengapa
·
Menanyakan definisi kata – kata
·
Mengikuti 3 perintah yang tidak berhubungan
dengan urutan yang benar
·
Menunjuk dada, tumit, pergelangan kaki, rahang
·
Menamakan warna hijau, kuning, oranye dan ungu
·
Memahami perbandingan seperti cantik, lebih
cantik dan paling cantik
·
Memahami urutan kejadian saat diceritakan
|
|
4,6 Tahun
|
·
Dapat menggambarkan perbedaan benda – benda
·
Dapat menggambarkan persamaan – persamaan
benda
·
Menamakan warna cokelat, hitam, merah muda,
hitam dan abu – abu
·
Membicarakan tentang hubungan sebab – akibat
dengan menggunakan kata sehingga
·
Menggunakan kata kerja dan kata benda
·
Menunjukkan berabeka ragam penggunaan bahas
mendapat dan memberikan keterangan mengekspresikan pendapat
|
|
5 Tahun
|
·
Menggunakan kalimat yang terdiri dari 5 kata
·
Turut serta dalam percakapan tanpa monopoli
·
Menggunakan kata – kata yang berhubungan
dengan urutan kejadian
·
Menggunakan kata besok dan kemarin
·
Menjawab telepon, menyampaikan pesan sederhana
dan menyampaikannya
·
Dapat mengulang kalimat yang terdiri dari 9 –
10 suku kata
·
Menjawab pertanyaan secara rutin selama
kegiatan kelompok selam 10 – 15 menit
|
|
6 Tahun
|
·
Menggunakan kalimat yang terdiri dari 6 kata
·
Menghubungkan pengalaman atau berbagi benda
dengan kelompok di kelas
·
Menjawab pertanyaan mengenai kapan
·
Mengulang kalimat yang terdiri dari 10 – 11
suku kata
|
Keterampilan Kognitif
Ceklist
|
Usia
|
Indikator
|
2
tahun
|
·
Membalik halaman buku tanpa bantuan orang lain
·
Memahami konsep di dalam di luar, menutup membuka,
di depan, di belakang
·
Menunjukkan benda besar kecil
·
Menerangkan penggunaan benda-benda sederhana, kursi,mobil,tempat
tidur
·
Menunjukkan satu lagi dan banyak
·
Mencocokkan benda yang berwarna merah dan biru
|
|
2,6
tahun
|
·
Mencocokkan benda berwarna hijau-orange-ungu
·
Mengetahui mengapa kita memiliki rumah,pensil dan
alat-alat makan
·
Menyentuh dan menghitung benda 1-3
·
Menanggapi perintah sederhana,berikan bola dan
baloknya
·
Memiliki rentang konsentrasi yang pendek
·
Belajar melalui proses eksplorasi
·
Menggunakan 5 mainan sesuai dengan fungsi
|
|
3
tahun
|
·
Memahami konsep kosong,penuh,ringan,berat
·
Menunjukkan pemahaman mengenai di dasar , di
puncak, di belakang, di depan, di atas, di bawah.
·
Mencocokkan lingkaran dan kotak dengan objek dan
gambar
·
Mencocokkan benda-benda berwarna merah dan biru
·
Mengenali dan mendefisinikan asalah yang muncul
·
Dengan sengaja menumpuk kotak atau gelang sesuai
dengan ukuran
|
|
3,6
tahun
|
·
Menyebutkan merah dan biru jika diperlihatkan
warna tersebut
·
Memahami konsep
pendek,tinggi,kurus,gemuk,pendek-panjang
·
Memahami kurang lebih
·
Memahami bagian hari untuk kegiatan rutin tertentu
·
Mengelompokkan benda-benda yang memiliki persamaan
warna,bentuk,ukuran
·
Mengetahui usia
·
Menyebutkan dan memasangkan benda yang sama
misalnya pasangan cangkir
|
|
4
tahun
|
·
Menunjuk warna cokelat,hitam,merah muda,abu-abu
ketika diminta
·
Menunjukkan warna hijau,kuning,oranye,ungu jiak
diminta
·
Mencocokan segitiga,persegi panjang dan wajik
·
Menyebutkan lingkaran dan kotak jika diperhatikan
·
Menunjukkan pemahaman mengenai konsep atas bawah,
di antara, di depan di belakang, menjauh menuju, rendah tinggi, di atas di
bawah
·
Menggolongkan gambar-gambar objek berbeda makanan,
alat-alat makan,orang dan hewan peliharaan
·
Memahami apa yang harus di lakukan jika tali
sepatu lepas,jika haus, dan jika mau keluar jika huja
·
Menerangkan mengapa kita memiliki kunci,lemari es,
kapal terbang
·
Menyentuh dan menghitung 4-7 benda
·
Merangkaikan kegiatan sehari-hari dan menunjukkan
kapan setiap kegiatan di lakukan
|
|
4,6 Tahun
|
·
Menyebutkan warna cokelat,hitam,merah
muda,abu-abu,dan putih jika dipertunjukkan
·
Jika di minta menunjukkan segitiga,segi empat dan
wajik
·
Mengetahui nama jalan dan kota
·
Menceritakan kembali tiga gagasan utam dari suatu
cerita
|
|
5 Tahun
|
·
Jika ditunjukkan menyebutkan segitiga, segi
empat dan wajik
·
Menunjukkan pemahaman mengenai konsep arah, di
tengah, di pojok, dan kiri atau kanan
·
Mengklasifikasikan angka, tulisan, buah, dan
sayur
·
Menerangkan apa yang harus dilakukan jika
rumah tertimpa kebakaran
·
Menerangkan mengapa kita mempunyai jam
·
Membedakan secara visual dua hal yang sama
atau berbeda bentuk dan huruf besar
·
Menyebutkan abjad A – Z
·
Mencocokkan huruf besar A – Z
·
Menunjukkan huruf besar A – Z
·
Menunjukkan huruf besar jika disebutkan A – Z
·
Membedakan secara visual antara dua atau tiga
huruf kecil
·
Mencocokkan huruf kecil A – Z
·
Menunjukkan huruf kecil A – Z
·
Menunjukkan huruf kecil jika disebutkan A – Z
·
Dapat mengenali dan membaca tulisan yang biasa
dilihat di sekolah dan di rumah
·
Menerangkan fungsi pembantu masyarakat,
dokter, perawat, petugas pemadam kebakaran, petugas pos, dokter gigi
·
Mengetahui harus pergi ke pelayanan masyarakat
yang mana jika sakit membeli makanan, melihat bintang, membeli obat
·
Menulis nama depan dan akhir
·
Menulis huruf besar dan kecil
·
Berhitung sampai 20
·
Mengenali angka sampai 20
·
Menunjukkan pemahaman mengenai urutan pertama,
kedua
·
Mengetahui letak jarum jam untuk kegiatan
sehari – hari
·
Melengkapi 4 analogi yang berlawanan, es itu
dingin
·
Memperkirakan hasil yang realisasi untuk
setiap cerita
·
Menceritakan kembali buku cerita bergambar
dengan tingkat ketepatan yang memadai
|
|
6 Tahun
|
·
Menerangkan apa yang harus dilakukan jika anda
memecahkan benda yang bukan miliknya
·
Menerangkan apa yang harus dilakukan jika anda
ditawari permen oleh orang yang tidak dikenal
·
Menerangkan kegunaan pembantu masyarakat,
guru, petani, mekanik, dan penjaga toko
·
Mengetahui kemana harus pergi jika ingin
meminjam buku, membeli perangko, mencuci baju, membetulkan mobil
·
Membedakan secara visual antara dua cat yang
sama atau berbeda
·
Membedakan secara visual yang mana dari 3
simbol yang berbeda bentuk, huruf besar, huruf kecil dan kata
·
Membaca kata warna
·
Membaca angka 1 – 10
·
Membaca tanda – tanda umu, jalan, berhenti, di
dalam di luar, pria wanita, jalan, tunggu, awas, bahaya
·
Membaca bagian pendahuluan yang sederhana
·
Membangun kemampuan pendengaran untuk
membedakan bunyi – bunyi huruf yang terpisah
·
Membedakan bunyi konsonan
·
Mencocokkan bunyi huruf awal dengan gambar
·
Membedakan bunyi vokal
·
Menulis usia, nomor telepon, dan alamat
·
Menulis kata – kata sederhana yang didektekan
·
Menulis kalimat sderhana 1 – 4 kata
·
Menunjukkan konsep angka 8 – 10
·
Berhitung sampai dengan 100
·
Mencocokkan jumlah dengan simbol, angka 1 – 10
·
Menunjukkan pemahaman mengenai tengah, ketiga,
keempat
·
Menulis angka secara berurutan sampai 100
·
Menulis angka selanjutnya jika disebutkan 1 –
10
·
Jika diminta menulis angka sampai 100
·
Mengetahui pemahaman sederhana dengan angka
sampai 20
·
Mengetahui pengurangan sampai 10
·
Dapat menyebutkan jam
·
Dapat menyebutkan bilangan setengah jam
|
How to Make Money from Betting on Sports Betting - Work
ReplyDelete(don't worry if you get it งานออนไลน์ wrong, though) sol.edu.kg The process involves 토토 사이트 도메인 placing bets on different events, but it https://octcasino.com/ can septcasino also be done by using the