-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penilaian Kegiatan Pengembangan Pada Lembaga PAUD Sejenis Part 2 Oleh Ayunda S. Ifadah

1 comment
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Penilaian Kegiatan Pada Lembaga Satuan PAUD Sejenis
1.      Pengertian Penilaian
Penilaian adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Penilaian program juga sebagai proses pengumpulan dan penelaahan data secara berencana, sistematis, dan dengan menggunakan metode dan alat tertentu untuk mengukur tingkat kenerhasilan atau pencapaian tujuan program dengan menggunakan tolok ukur yang telah ditentukan.
2.      Tujuan Penilaian
a.       Tujuan penilaian umum adalah memberi arah dan acuan kepada pelaksana dslam mengevaluasi program – program PAUD untuk dijadikan bahan masukan dalam menyempurnakan an mengembangkan program – program PAUD serta menyusun kebijakan yang akan datang.
b.      Tujuan penilaian khusus adsalah mengumpulkan data, menganalisis, menginterprestasi data, menyusun, dan menyampaikan laporan hasil penilaian yang berkaitan dengan :
1)      Kemajuan program, yaitu untuk mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum satuan PAUD Sejenis (SPS) dan memberikan acuan bagi penyusn buku petunjuk pelaksanaan penilaian.
2)      Sarana kegiatan belajar.
3)      Tenaga pendidik, yaitu sebagai pedoman bagi tenaga kependidikan di lapangan.

3.      Fungsi Penilaian
a.       Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki KBM.
b.      Memberikan informasi kepada orang tua tentang tercapainya pertumbuhan dan perkembangan anaknya agar dapat memperbaiki dan meninbgkatkan bimbingan dan motivasi.
c.       Sebagai bahan pertimbangan guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anak didik yan memungkinkan anak didik dapat mencapai kemampuan secara optimal.
d.      Sebagai bahan masukan bagi pihak lain yang memerlukan dalam memberikan pembinaan selanjutnya.
4.      Prinsip – prinsip Penilaian
a.       Menyeluruh
Menyeluruh adalah penilaian mencakup aspek proses dan hasil pengembangan yang secara bertahap menggambarkan perubahan tingkah laku.
b.      Berkesinambungan
Berkesinambungan adalah penilaian yang dilsakukan secara berencana, bertahap, dan terus – menerus untuk memperoleh gambaran menyeluruh terhadap hasil pembelajaran.
c.       Objektif
Objektif adalah penilaian yang dilakukan seobjektif mungkin dengan memperhatikan perbedaan dan keunikan perkembangan anak, dimana tidak selalu memberikan penafsiran yang sama terhdap gejala yang sama.


d.      Mendidik
Mendidik adalah hasil penilaian digunakan untuk membina dan memberikan dorongan kepada anak didik dalam meningkatkan kemampuannya sehingga anak dapat mengembangkan rasa berhasilnya.
e.       Kebermaknaan
Kebermaknaan adalah hasil penilaian harus bermakna bagi guru atau pengasuh, orang tua, anak, dan pihak lain yang memerlukan.
B.     Komponen Penilaian proses kegiatan belajar dikaitkan dengan perkembangan anak
Kegiatan evaluasi yang dilakukan di program pos PAUD mencakup dua kegiatan, yaitu evaluasi terhadap program satuan PAUD sejenis dan evaluasi terhadap hasil kemajuan perkembangan anak
1.      Evaluasi program
Bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program pos PAUD. Evaluasi program mengukur sejauh mana indikator keberhasilan dapat tercapai oleh misalnya Pos PAUD bersangkutan. Evaluasi program mencakup penilaian terhadap berikut ini :
a.       Kinerja Kader dan pengelola.
b.      Program pembelajaran.
c.       Administrasi kelompok.
d.      Potensi berkembang menjadi layanan PAUD yang permanen, seperti Kelompok Bermain dan sederajat.
Evaluasi program dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan Kecamatan bersama unsur PKK. Evaluasi program dapat dilakukan setidaknya setiap akhir tahun kegiatan belajar anak.

2.      Evaluasi kemajuan perkembangan anak
Pencatatan kegiatan belajar anak dilakukan setiap pertemuan dengan cara mencatat perkembangan kemampuan anak dalam hal motorik kasar, motorik halus, berbahasa, sosial dan aspek –aspek lain. Pencatatan kegiatan main anak dilakukan oleh kader. Selain mencatat kemajuan belajar anak kader juga dapat menggunakan lembaran ceklist perkembangan anak. Dilihat dari hasil perkembangan karya anak, oleh karena itu semua hasil karya anak dijadikan bahan evaluasi dan laporan perkembangan belajar kepada orang tua masing –masing.
Tata cara penilaian kemajuan belajar anak dipaparkan pada petunjuk penilaian :
a.       Anekdot
b.      Wawancara
c.       Pengamatan, adalah suatu pengumpulan data yang pengisiannya berdasarkan atas pengamatan langsung terhadap sikap dan perilaku anak.
d.      Performance/ penampilan dan
e.       Portofolio/kumpulan hasil karya anak.
C.     Pembinaan
1.      Petugas pembinaan
Petugas pembinaan untuk program pos PAUD adalah dari unsur PKK dan Dinas Pendidikan Kecamatan.
2.      Lingkup pembinaan
Kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan terbatas pada lingkup pembinaan Pos PAUD. Pembinaan program BKB dilakukan oleh petugas BKKBN sedangkan pembinaan petugas Posyandu oleh Dinas Kesehatan. TP-PKK sebagai tim penggerak program di lapangan dapat dilibatkan dalam pembinaan secara menyeluruh bersama instansi terkait.
D.    Pelaporan
1.      Pelaporan hasil kemajuan perkembangan anak
Laporan perkembangan anak disampaikan kepada orang tua masing – masing dengan menggunakan format laporan terakhir. Penyampaian laporan ke orang tua akan dilakukan sewaktu – waktu jika diperlukan. Laporan berkala akan disampaikan 6 bulan sekali.
2.      Pelaporan program
Laporan program disusun oleh pengelola dengan diketahui oleh ketua PKK Desa dan disampaikan ke Dinas Pendidikan Kecamatan dan Ketua PKK Kecamatan. Penyampaian laporan program dilakukan setiap 6 bulan.
E.     Sertifikasi
Anak yang selesai mengikuti program Pos PAUD dapat diberikan sertifikat. Sertifikat dikeluarkan oleh pengelola dengan diketahui oleh Kepala Dinas Kecamatan. Bentuk sertifikat ditentukan oleh daerah.
F.      Contoh lembar pengamatan
Dibawah ini adalah contoh bentuk pengamatan yang digunakan dalam penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis
Keterampilan Sosial Emosional
Ceklist
Usia
Indikator
..................
..................
.................
..................
2 tahun
·         Memperhatikan temannya bermain dan segera bergabung
·         Mempertahankan hak miliknya
·         Memilih diantara dua alternatif
·         Memperlihatkan kemandirian dengan lebih banyak berbuat untuk diri sendiri


2,6 tahun
·         Melakukan permaina sederhana, seperti memasukkan gelang.
·         Mulai bermain dengan anak lain, bergantian dengan satu peringatan
·         Menunjukkan kepuasan karena dapat melakukan tugas kecil untuk orang lain
·         Memahami jenis kelamin

3 tahun
·         Memilih tetam bermain
·         Memulai interaksi sosial dengan anak lain
·         Berbagi mainan, bahan ajar atau makanan
·         Meminta izin untuk memakai barang milik orang lain
·         Mengekspresikan sejumlah emosi melalui tindakan, kata – kata atau ekspresi wajah

3,6 tahun
·         Menunggu dan menunda keinginan selama 5menit
·         Menikmati kedekatan sementara dengan salah satu teman bermain

4 tahun
·         Menunjukkan kebanggaan terhadap keberhasilan
·         Dapat membuat sesuatu karena imajinasi dominan
·         Memecahkan masalah dengan teman sekelas melalui proses penggantian, persuasi, dan negosiasi

4,6 tahun
·         Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas
·         Menceritakan kejadian / pengalaman yang baru berlalu
·         Lebih menyukai ditemani teman sebaya dibandingkan orang dewasa
·         Menyatakan alasan untuk perasaan orang lain
·         Menggunakan barang – barang milik orang lain dengan hati – hati
·         Menghentikan perilaku yang tidak pantas karena satu kali teguran

5 tahun
·         Memiliki beberapa kawan, mungkin satu sahabat
·         Memuji, memberi semangat atau menolong anak lain

5,6 tahun
·         Lebih mandiri
·         Merasa puas berteman meskipun pada saat krisis muncul
·         Mengatakan pertanyaan – pertanyaan positif mengenai keunikan dan keterampilan
·         Berteman secara mandiri

6 tahun
·         Dapat memecahkan masalah secara konsisten dalam situasi sosial
Keterampilan Berperan Serta
Ceklist
Usia
Indikator

2 Tahun
·         Membantu orang deawasa membereskan mainan
·         Meniru perbuatan orang lain
·         Bermain di dekat anak lain dalam permainan paralel
·         Mengadakan kontak mata dengan anak lain saat berbicara

2,6 Tahun
·         Terlibat dalam bermain peran, meniru orang lain
·         Mengerjakan sesuatu dengan orang dewasa selama 5 menit
·         Mempergunakan boneka atau mainan untuk mendukung bermain peran
·         Sering mencoba kegiatan – kegiatan baru
·         Berperan serta dalam kegiatan kelompok kecil, bernyanyi, makan, mendengarkan cerita selama 5 – 10 menit
·         Bermain sendiri secara mandiri selama 20 menit

3 Tahun
·         Mempergunakan balok dan obyek lain untuk membuat satu bangunan sederhana
·         Berperan serta dalam kelompok kecil yang dipimpin oleh orang dewasa selama 10 – 5 menit
·         Memulai bermain peran, memperagakan satu adegan
·         Bertamasya, bermain rumah – rumahan, berpura – pura menjadi binatang
·         Melakukan kegiatan sendirian selama 20 menit
·         bertamasya, bermain rumah-rumahan,berpura-pura menjadi binatang
·         melakukan kegiatan sendirian selama 20 menit

3, 6 tahun
·         bermain secara bergiliran dengan semakin sedikit bantuan
·         melakukan sesuatu dengan anak-anak lain selama 10 menit
·         mempergunakan balok atau benda lain untuk membuat bangunan yang lebih rumit
·         secara rutin mematuhi 3 aturan kelas
·         membereskan mainan secara mandiri
·         bermain dengan dua atau tiga anak lain selama 15 menit

4 tahun
·         melakukan tugas-tugas sederhana dan rutin
·         memainkan papn permainan yang sederhana dengan bantuan orang lain
·         bermain peran lebih mendekati kenyataan dengan memperhatikan detil, waktu, dan jarak

4, 6 tahun
·         mengekspresikan petunjuk verbal dalam bermain
·         bermain bergantian tanpa bantuan orang dewasa
·         memainkan atu peran dalam permainan sandiwara dengan teman yang lain

5 tahun
·         Bermsn bersama-sama dengan orang lain yang melibatkan pengambilan keputusan
·         Melakukan pekerjaan rutin dengan satu kali peringatan

6 tahun
·         Memainkan permainan yang kompetitif
·         Memainkan dua atau tiga permainan papan
·         Melakukan sesuatu secara mandiri selama 20 menit
·         Bermain bersama-sama dengan dua atau tiga teman selama 20 menit
·         Menyatakan dan mematuhi secara rutin 5 aturn-aturan kelas
·         Secara mandiri mengambil dan mengembalikan bahan-bahan yang di perlukan untuk satu tugas

Ketrampilan untuk kemandirian
Ceklist
Usia
indikator

2 tahun
·         Melepaskan pakaian yang memakai kancing/ikatan yang mudah dilepas
·         Mengantisipasi dan menyampaikan keinginan untuk ke kamar kecil secara cukup konsisten
·         Mencuci tangan, mungkin masih membutuhkan bantuan untuk memakai sabun secara efisien
·         Minum dari gelas yang ukurannya khusus untuk anak-anak usia 2 tahun

2,6 tahun
·         Memakai baju berlengan panjang dengan sedikit bantuan pada saat mengencangkan
·         Mengeringkan tangan dengan bantuan orang lain
·         Ke kamar kecil dengan bantuan
·         Dapat mengendalikan BAB dan BAK pada malam dan siang hari atau tidak enurisis dan enchopresis

3 tahun
·         Mempergunakan serbet untuk membersihkan tumpahan makanan
·         Menuangkan air dengan baik dari tempat air yang kecil
·         Makan sendiri
·         Mengambil sendiri minum dari sumber air minum
·         Memakai pakaian secara lengkap
·         Membuka dan memasukkan kancing dengan yang besar
·         Memakai sepatu boot sendiri
·         Ke kamar kecil sendiri
·         Berusaha membersihkan diri saat buang air besar
·         Mencuci tangan tanpa bantuan orang lain
·         Menyiram kloset sendiri
·         Membuka dan menutup keran sendiri
·         Memahami mana keran air panas dan air dingun

4 tahun
·         Melepas pakaian secara lengkap (pullover)
·         Memakai pakaian sendiri tanpa bantuan orang lain
·         Berusaha mengikat tali sepatu
·         Memperhatikan kebutuhan ke kamar kecil
·         Menyikat gigi dengan diawasi
·         Menyeka hidung saat diperlukan

5 tahun
·         Memasang tali sepatu
·         Memakai baju legkap sendiri
·         Menutup mulut jika batuk atau bersin
·         Menyikat gigitanpa dibantu
Ketrampilan fisik (motorik halus dan motorik kasar)

Ceklist
Usia
indikator

2 tahun
·         Berdiri di atas satu kaki selama beberapa saat
·         Lompat di tepat dengan dua kaki bersama-sama
·         Menguntai empat manik-manik besar
·         Membalik halaman buku tanpa bantuan orang lain
·         Menumpuk benda dari yang terkecil sampai terbesar
·         Membangun menara yang terdiri dari enam atau tujuh tingkat kotak
·         Mencoret-coret, jarang meninggalkan lembaran kerta besar
·         Memegang gunting dan menyobk pinggir kertas

2,6 tahun
·         Melompati objek yang berkentinggian lebih dari 15 cm, mendarat dengan dua kaki menginjak tanah
·         Berlari ke depan dengan baik, berhenti dan memulai dengan mudah, jarang terjatuh
·         Berjingkat-jingkat
·         Menapaki 4-6 anak tangga dengan kaki kiri dan kanan bergantian
·         Berjalan menuju dan menendang bola yang tidak bergerak
·         Melempar bola dengan kedua tangan di atas kepala
·         Membangun menara yang terdiri dari 8 kotak
·         Membuka dan menutup gunting dan mulai memotong kertas
·         Memgang krayon dengan ibu jari dan empat jari bukan dengan kepalan
·         Menggulung, menguleni, menekan, dan menarik adonan atau tanah liat

3 tahun
·         Berdiri di atas salah satu kaki selama 5-0 detik
·         Berdiri di ats kaki lainnya selama beberapa saat
·         Menaiki dan menuruni tangga dengan berganti-ganti kaki dan berpegangan pada pegangan tangga
·         Berlari berputar-putar tanpa kendla
·         Melompat ke depan dengan dua kaki 4 kali
·         Melompat dengan salah satu kaki 5 kali
·         Melompat dengan sebelah kaki lainnya dalam satu lompatan
·         Menendang bola ke belakang dan ke depan dengan mengayunkan kaki
·         Menangkap bola yang melambung dengan mendekapnya ke dada
·         Mendorong,menarik dan mengendarai mainan beroda dan bersepeda roda tiga
·         Mempergunakan papan luncur tanpa bantuan
·         Membangun menara yang terdiri dari 9-10 kotak
·         Menjiplak garis vertikal,horizontal, dan silang
·         Menjilak lingkaran
·         Mempergunakan kedua tangan untuk mengerjakan tugas
·         Memegang kertas dengan satu tangan dan mempergunakan gunting untuk memotong selembar kertas berukuran 5 inchi persegi menjadi dua bagian

4 tahun
·         Berdiri di atas satu kaki selama 10 detik
·         Berjalan maju dalam satu garis lurus dengan tumit dan ibu jari kaki sejauh 6 kaki
·         Berjalan mundur dengan ibu jari kakike tumit
·         Lomba lari
·         Melompat ke depan 10 kali
·         Melompat ke belakang sekali
·         Bersalto/berguling ke depan
·         Menendang secara terkoordinasi ke belakang dan ke depan dengan kaki terayun dan tangan mengayun ke arah berlawanan secara bersamaan
·         Degan dua tangan menangkap bola yang dilemparkan dari jarak 3 kaki
·         Melempar bola kecil dengan kedua tangan kepada seseorang yang berjarak 4-6 kaki darinya
·         Membangun menara setinggi 11 kotak
·         Dapat mengulangi kalimat-kalimat yang terdiri dari tiga atau empat suku kata

2,6 tahun
·         Menanggapi pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya/tidak sehubungan dengan inform visual
·         Menggunakan kalimat sederhana/ frase yang terdiri ari tiga atau empat suku kata
·         Menggunakan kata ganti orang ketika menyebut orang lain.contoh : kamu
·         Menyatakan kebutuhan dan permintaan
·         Senang menikmati buku cerita sederhana salama 10-15 menit dan meminta dibacakn kembali
·         Menggambarkan tindakan kata enda jamak contoh buku-buku
·         Mengenai bagian tubuh : rambut,kepala,telinga,tangan,kaki,lengan,jari,perut,punggung,dan jari kaki

3 tahun
·         Mempergunakan kalimat sederhana yang terdiri dari empat sampai lima kata
·         Menggunakan kata ganti saya
·         Menjawab pertanyaan siapa
·         Menggunakan frase negatif
·         Menggunakan kata keterangan lampau,menceritakan pengalaman yang telah lalu
·         Bertanya dan menjawab pertanyaan mengapa
·         Menggunakan kata depan di dalam,di luar, di samping
·         Melakukan serangkaian 2-3 perintah yang berkaitan
·         Memahami hubungan yang diungkapkan dengan kata “jika......maka/karena”
·         Menunjuk dagu, ibu jari, leher dan kuku
·         Mengulang lagu anak-anak dan menyanyikan lagu sederhana

3,6 tahun
·         Mengajukan pertanyaan mengenai apa, siapa dan kenapa
·         Menghubungkan pengalaman dengan pemahaman mengenak urutan dan akhir kejadian
·         Menandai warna merah dan biru
·         Bicaranya dapat dipahami oleh orang yang tidak dikenal tapi masih membuat kesalahan kalimat

4 tahun
·         Memahami bebrapa kata sambung
·         Mendefisinikan benda yang sama
·         Mengajukan pertanyaan kapan dan mengapa
·         Menanyakan definisi kata-kata
·         Mengikuti 3 perintah yang tidak berhubungan dengan urutan yang benar
·         Menunjuk dada, tumit, pergelangan kaki,rahang
·         Menanamkan warna hijau,kuning,oranye dan ungu
·         Memahami perbandingan seperti cantik, lebih cantik dan paling cantik
·         Memahami urutan kejadian saat di ceritakan

4,6 tahun
·         Dapat menggambarkan perbedaan benda-benda
·         Dapat menggambarkan persamaan-persamaan benda
·         Menanamkan warna cokelat, hitam, merah muda, hitam dan abu-abu
·         Membicarakan tentang hubungan sebab akibat dengan menggunakan kata sehingga
·         Menggunakan kata kerja dan kata benda
·         Menunjukkan beraneka ragam penggunaan bahasa mendapat dan memberikan keterangan mengekspresikan pendapat

5 tahun
·         Menggunakan kalimat yang terdiri dari 5 kata
·         Turut serta dalam percakapan tanpa monopoli
·         Menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan urutan kejadian
·         Menggunakan kata besok dan kemarin
·         Menjawab telepon, menyampaikan pesan sederhana dan menyampaikannya
·         Dapat mengulang kalimat yang terdiri dari 9-10 suku kata
·         Menjawab pertanyaan secara rutin selama kegiatan kelompok selam 10-15 menit.

6 tahun
·         Menggunakan kalimat yang terdiri dari 6 kata
·         Menghubungkan pengalaman atau berbagi benda dengan kelompok di kelas
·         Menjawab pertanyaan mengenai kapan
·         Mengulangi kalimat yang terdiri dari 10-11 suku kata
Keterampilan Berkomunikasi (Memahami dan Berbicara)
Ceklist
Usia
Indikator

2 Tahun
·         Menunjuk dan menamai gambar sederhana
·         Mempergunakan kata ganti “aku”
·         Menggunakan frase 2 kata
·         Menggunakan kata milikku dan benda kepunyaanku untuk menunjukkan kepemilikan
·         Memahami dan mengajukan pertanyaan sederhana, seperti apa dan di mana
·         Memahami kata
·         Membuat kalimat negatif; saya tidak dapat membuka ini
·         Menamai mulut, mata, hidung, dan kaki
·         Dapat mengulangi kalimat – kalimat yang terdiri dari tiga atau empat suku kata

2,6 Tahun
·         Menanggapi pertanyaan yang membutuhkan jawaban ya/tidak sehubungan dengan informs visual
·         Menggunakan kalimat sederhana /frase yang terdiri dari tiga atau empat suku kata
·         Menggunakan kata ganti orang ketika menyebut orang lain, conto : kamu
·         Menyatakan kebutuhan dan permintaan
·         Senang menikmati buku cerita sederhana selama 5 – 10 menit dan minta dibacakan kembali
·         Menggambarkan tindakan yang tertera dalam gambar
·         Mempergunakan tindakan kata benda jamak, contoh : buku – buku
·         Mengenali bagian tubuh : rambut, kepala, telinga, tangan, kaki, lengan, jari perut, punggung, dan jari kaki

3 Tahun
·         Mempergunakan kalimat sederhana yang terdiri dari empat sampai lima kata
·         Menggunakan kata ganti saya
·         Menjawab pertanyaan siapa
·         Menggunakan frase negatif
·         Menggunakan kata keterangan lampau, menceritakan pengalaman yang telah lalu
·         Bertanya dan menjawab pertanyaan mengapa
·         Menggunakan kata depan di dalam, di luar, di samping
·         Melakukan serangkaian 2 – 3 perintah yang berkaitan
·         Memahami hubungan yang diungkapkan dengan kata “jika.... maka/karena”
·         Menunjuk dagu, ibu jari, leher, dan kuku
·         Mengulang lagu anak – anak dan menyanyikan lagu sederhana

3,6 Tahun
·         Mengajukan pertanyaan mengenai apa, siapa dan kenapa
·         Menghubungkan pengalaman dengan pemahaman mengenal urutan dan akhir kejadian
·         Menandai warna merah dan biru
·         Bicaranya dapat dipahami oleh orang yang tidak dikenali tapi masih membuat kesalaham kalimat

4 Tahun
·         Memahami beberapa kata sambung
·         Mendefinisikan benda yang sama
·         Mengajukan pertanyaan kapan dan mengapa
·         Menanyakan definisi kata – kata
·         Mengikuti 3 perintah yang tidak berhubungan dengan urutan yang benar
·         Menunjuk dada, tumit, pergelangan kaki, rahang
·         Menamakan warna hijau, kuning, oranye dan ungu
·         Memahami perbandingan seperti cantik, lebih cantik dan paling cantik
·         Memahami urutan kejadian saat diceritakan

4,6 Tahun
·         Dapat menggambarkan perbedaan benda – benda
·         Dapat menggambarkan persamaan – persamaan benda
·         Menamakan warna cokelat, hitam, merah muda, hitam dan abu – abu
·         Membicarakan tentang hubungan sebab – akibat dengan menggunakan kata sehingga
·         Menggunakan kata kerja dan kata benda
·         Menunjukkan berabeka ragam penggunaan bahas mendapat dan memberikan keterangan mengekspresikan pendapat

5 Tahun
·         Menggunakan kalimat yang terdiri dari 5 kata
·         Turut serta dalam percakapan tanpa monopoli
·         Menggunakan kata – kata yang berhubungan dengan urutan kejadian
·         Menggunakan kata besok dan kemarin
·         Menjawab telepon, menyampaikan pesan sederhana dan menyampaikannya
·         Dapat mengulang kalimat yang terdiri dari 9 – 10 suku kata
·         Menjawab pertanyaan secara rutin selama kegiatan kelompok selam 10 – 15 menit

6 Tahun
·         Menggunakan kalimat yang terdiri dari 6 kata
·         Menghubungkan pengalaman atau berbagi benda dengan kelompok di kelas
·         Menjawab pertanyaan mengenai kapan
·         Mengulang kalimat yang terdiri dari 10 – 11 suku kata

Keterampilan Kognitif
Ceklist
Usia
Indikator

2 tahun
·         Membalik halaman buku tanpa bantuan orang lain
·         Memahami konsep di dalam di luar, menutup membuka, di depan, di belakang
·         Menunjukkan benda besar kecil
·         Menerangkan penggunaan benda-benda sederhana, kursi,mobil,tempat tidur
·         Menunjukkan satu lagi dan banyak
·         Mencocokkan benda yang berwarna merah dan biru

2,6 tahun
·         Mencocokkan benda berwarna hijau-orange-ungu
·         Mengetahui mengapa kita memiliki rumah,pensil dan alat-alat makan
·         Menyentuh dan menghitung benda 1-3
·         Menanggapi perintah sederhana,berikan bola dan baloknya
·         Memiliki rentang konsentrasi yang pendek
·         Belajar melalui proses eksplorasi
·         Menggunakan 5 mainan sesuai dengan fungsi

3 tahun
·         Memahami konsep kosong,penuh,ringan,berat
·         Menunjukkan pemahaman mengenai di dasar , di puncak, di belakang, di depan, di atas, di bawah.
·         Mencocokkan lingkaran dan kotak dengan objek dan gambar
·         Mencocokkan benda-benda berwarna merah dan biru
·         Mengenali dan mendefisinikan asalah yang muncul
·         Dengan sengaja menumpuk kotak atau gelang sesuai dengan ukuran

3,6 tahun
·         Menyebutkan merah dan biru jika diperlihatkan warna tersebut
·         Memahami konsep pendek,tinggi,kurus,gemuk,pendek-panjang
·         Memahami kurang lebih
·         Memahami bagian hari untuk kegiatan rutin tertentu
·         Mengelompokkan benda-benda yang memiliki persamaan warna,bentuk,ukuran
·         Mengetahui usia
·         Menyebutkan dan memasangkan benda yang sama misalnya pasangan cangkir

4 tahun
·         Menunjuk warna cokelat,hitam,merah muda,abu-abu ketika diminta
·         Menunjukkan warna hijau,kuning,oranye,ungu jiak diminta
·         Mencocokan segitiga,persegi panjang dan wajik
·         Menyebutkan lingkaran dan kotak jika diperhatikan
·         Memahami konsep lambat,cepat,sedikit,banyak,tipis,tebal
·         Menunjukkan pemahaman mengenai konsep atas bawah, di antara, di depan di belakang, menjauh menuju, rendah tinggi, di atas di bawah
·         Menggolongkan gambar-gambar objek berbeda makanan, alat-alat makan,orang dan hewan peliharaan
·         Memahami apa yang harus di lakukan jika tali sepatu lepas,jika haus, dan jika mau keluar jika huja
·         Menerangkan mengapa kita memiliki kunci,lemari es, kapal terbang
·         Menyentuh dan menghitung 4-7 benda
·         Merangkaikan kegiatan sehari-hari dan menunjukkan kapan setiap kegiatan di lakukan

4,6 Tahun
·         Menyebutkan warna cokelat,hitam,merah muda,abu-abu,dan putih jika dipertunjukkan
·         Jika di minta menunjukkan segitiga,segi empat dan wajik
·         Mengetahui nama jalan dan kota
·         Menceritakan kembali tiga gagasan utam dari suatu cerita

5 Tahun
·         Jika ditunjukkan menyebutkan segitiga, segi empat dan wajik
·         Menunjukkan pemahaman mengenai konsep arah, di tengah, di pojok, dan kiri atau kanan
·         Mengklasifikasikan angka, tulisan, buah, dan sayur
·         Menerangkan apa yang harus dilakukan jika rumah tertimpa kebakaran
·         Menerangkan mengapa kita mempunyai jam
·         Membedakan secara visual dua hal yang sama atau berbeda bentuk dan huruf besar
·         Menyebutkan abjad A – Z
·         Mencocokkan huruf besar A – Z
·         Menunjukkan huruf besar A – Z
·         Menunjukkan huruf besar jika disebutkan A – Z
·         Membedakan secara visual antara dua atau tiga huruf kecil
·         Mencocokkan huruf kecil A – Z
·         Menunjukkan huruf kecil A – Z
·         Menunjukkan huruf kecil jika disebutkan A – Z
·         Dapat mengenali dan membaca tulisan yang biasa dilihat di sekolah dan di rumah
·         Menerangkan fungsi pembantu masyarakat, dokter, perawat, petugas pemadam kebakaran, petugas pos, dokter gigi
·         Mengetahui harus pergi ke pelayanan masyarakat yang mana jika sakit membeli makanan, melihat bintang, membeli obat
·         Menulis nama depan dan akhir
·         Menulis huruf besar dan kecil
·         Berhitung sampai 20
·         Mengenali angka sampai 20
·         Menunjukkan pemahaman mengenai urutan pertama, kedua
·         Mengetahui letak jarum jam untuk kegiatan sehari – hari
·         Melengkapi 4 analogi yang berlawanan, es itu dingin
·         Memperkirakan hasil yang realisasi untuk setiap cerita
·         Menceritakan kembali buku cerita bergambar dengan tingkat ketepatan yang memadai


6 Tahun
·         Menerangkan apa yang harus dilakukan jika anda memecahkan benda yang bukan miliknya
·         Menerangkan apa yang harus dilakukan jika anda ditawari permen oleh orang yang tidak dikenal
·         Menerangkan kegunaan pembantu masyarakat, guru, petani, mekanik, dan penjaga toko
·         Mengetahui kemana harus pergi jika ingin meminjam buku, membeli perangko, mencuci baju, membetulkan mobil
·         Membedakan secara visual antara dua cat yang sama atau berbeda
·         Membedakan secara visual yang mana dari 3 simbol yang berbeda bentuk, huruf besar, huruf kecil dan kata
·         Membaca kata warna
·         Membaca angka 1 – 10
·         Membaca tanda – tanda umu, jalan, berhenti, di dalam di luar, pria wanita, jalan, tunggu, awas, bahaya
·         Membaca bagian pendahuluan yang sederhana
·         Membangun kemampuan pendengaran untuk membedakan bunyi – bunyi huruf yang terpisah
·         Membedakan bunyi konsonan
·         Mencocokkan bunyi huruf awal dengan gambar
·         Membedakan bunyi vokal
·         Menulis usia, nomor telepon, dan alamat
·         Menulis kata – kata sederhana yang didektekan
·         Menulis kalimat sderhana 1 – 4 kata
·         Menunjukkan konsep angka 8 – 10
·         Berhitung sampai dengan 100
·         Mencocokkan jumlah dengan simbol, angka 1 – 10
·         Menunjukkan pemahaman mengenai tengah, ketiga, keempat
·         Menulis angka secara berurutan sampai 100
·         Menulis angka selanjutnya jika disebutkan 1 – 10
·         Jika diminta menulis angka sampai 100
·         Mengetahui pemahaman sederhana dengan angka sampai 20
·         Mengetahui pengurangan sampai 10
·         Dapat menyebutkan jam
·         Dapat menyebutkan bilangan setengah jam


Related Posts

1 comment

  1. How to Make Money from Betting on Sports Betting - Work
    (don't worry if you get it งานออนไลน์ wrong, though) sol.edu.kg The process involves 토토 사이트 도메인 placing bets on different events, but it https://octcasino.com/ can septcasino also be done by using the

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter