-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penilaian Kegiatan Pengembangan Pada Lembaga PAUD Sejenis Part 1 Oleh Ayunda S. Ifadah

Post a Comment
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Latar belakang dilakukan penilalan terhadap suatu program ada1ah untuk mengumpulkan data dan informasi tentang penyelenggaraan suatu kegiatan dalam hal ini kegiatan pada Satuan PAUD Sejenis (SPS). Hasil penilaian tersebut akan dijadikan tolok ukur untuk pengambilan keputusan sehingga kegiatan akan efektif, efisien, dan teruji. Dasar hukum pentingnya dilakukan penilaian adalah sebagai berikut :
1.      UU RI No. 2 Tahun 1989  tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah penilaian sebagai bagian yang tidak terpisahkan dan tujuan pendidikan nasional maupun penyelenggaraan kegiaan belajar mengajar yang menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan dan penilalan juga sebagai Kegiatan Belajar yang berlaku.
2.      Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1990 Bab X Pasal 16 tentang penilaian adalah kegiatan petumbuhan dan perkembangan anak didik di TK / RA dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.
3.      UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab XVI Pasal 57, Pasal 58.
Pasal 57 ayat (1) Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidika kepada pihak – pihak yang berkepentingan. (2) Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur foemal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan.
Pasal 58 ayat (1) Evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. (2) Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, trensparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis?
2.      Komponen penilaian apa saja yang ada dalam c?
3.      Siapa saja yang ada dalam pembinaan pada penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis?
4.      Bagaimana cara pelaporan penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis?
5.      Bagaimana bentuk lembar pengamatan pada penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis
2.      Untuk mengetahui komponen yang ada dalam penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis
3.      Untuk mengetahui siapa saja yang ada dalam pembinaan pada penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis?
4.      Untuk memahami cara pelaporan penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis
Untuk mengetahui bentuk lembar pengamatan pada penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter