BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Latar belakang
dilakukan penilalan terhadap suatu program ada1ah untuk mengumpulkan data dan
informasi tentang penyelenggaraan suatu kegiatan dalam hal ini kegiatan pada
Satuan PAUD Sejenis (SPS). Hasil penilaian tersebut akan dijadikan tolok ukur
untuk pengambilan keputusan sehingga kegiatan akan efektif, efisien, dan
teruji. Dasar hukum pentingnya dilakukan penilaian adalah sebagai berikut :
1.
UU RI No. 2 Tahun 1989
tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah penilaian sebagai bagian yang
tidak terpisahkan dan tujuan pendidikan nasional maupun penyelenggaraan kegiaan
belajar mengajar yang menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan dan penilalan
juga sebagai Kegiatan Belajar yang berlaku.
2.
Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1990 Bab X Pasal 16
tentang penilaian adalah kegiatan petumbuhan dan perkembangan anak didik di TK
/ RA dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.
3.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Bab XVI Pasal 57, Pasal 58.
Pasal 57 ayat (1) Evaluasi dilakukan
dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk
akuntabilitas penyelenggara pendidika kepada pihak – pihak yang berkepentingan.
(2) Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan
pada jalur foemal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis
pendidikan.
Pasal 58 ayat (1) Evaluasi hasil
belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan,
dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. (2) Evaluasi
peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga
mandiri secara berkala, menyeluruh, trensparan, dan sistemik untuk menilai
pencapaian standar nasional pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara penilaian kegiatan pada lembaga satuan
PAUD sejenis?
2.
Komponen penilaian apa saja yang ada dalam c?
3.
Siapa saja yang ada dalam pembinaan pada penilaian kegiatan
pada lembaga satuan PAUD sejenis?
4.
Bagaimana cara pelaporan penilaian kegiatan pada lembaga
satuan PAUD sejenis?
5.
Bagaimana bentuk lembar pengamatan pada penilaian kegiatan
pada lembaga satuan PAUD sejenis?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui penilaian kegiatan pada lembaga satuan
PAUD sejenis
2.
Untuk mengetahui komponen yang ada dalam penilaian kegiatan
pada lembaga satuan PAUD sejenis
3.
Untuk mengetahui siapa saja yang ada dalam pembinaan
pada penilaian kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis?
4.
Untuk memahami cara pelaporan penilaian kegiatan pada lembaga
satuan PAUD sejenis
Untuk mengetahui bentuk lembar pengamatan pada penilaian
kegiatan pada lembaga satuan PAUD sejenis
Post a Comment
Post a Comment