Strategi pembelajaran
berbasis TIK :
- Persiapan
No
|
Bidang Pengembangan
|
TPPA
|
KD
|
Indikator
|
Kegiatan
|
1.
|
Nilai moral – agama
|
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
|
Menghargai
diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
-
|
Membuang sampah pada tempatnya
|
2.
|
Sosioemosional
|
Bermain dengan teman sebaya
|
Menunjuk-kan
reaksi emosi diri secara wajar
|
Beradaptasi secara wajar dalam
situasi baru
|
Anak mau bermain bersama teman pada
saat istirahat
|
3.
|
Motorik
|
-Melakukan
koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian
atau senam (MK)
-Menggambar sesuai gagasannya (MH)
|
- Mengguna- kan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan
halus
-
|
- Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan
mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang
teratur
(misal: senam dan tarian
-
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak
mampu terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas
(misal: mengancing kan baju, menali sepatu, menggambar, menempel menggunting,
makan)
|
-Senam fatasi dengan menggunakan sound dan flashdisk untuk
musiknya
-Menggambar dengan
menggunakan aplikasi microsoft yaitu “paint”
|
4.
|
Bahasa
|
Melanjutkan sebagian cerita/ dongeng yang telah diperdengarkan
|
Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
Menceritakan kembali apa yang didengar
dengan kosakata yang lebih
|
-Melihat video yang diputar melalui laptop,
infocus proyektor dan LCD
|
5.
|
Kognitif
|
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
|
Menyampai- kan tentang apa dan bagaimana
benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola,
sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan
anak mampu mengenal benda dengan
mengelom-pokkan berbagai benda di lingkungan-nya berdasar-kan ukuran,
pola, fungsi, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya
|
Mengelompokkan majalah sesuai dengan
ukurannya (besar, sedang, kecil)
|
6.
|
Seni
|
Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
|
Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
Membuat karya seni
sesuai kreativitasnya misal seni
musik, visual, gerak dan tari yang
dihasilkannya dan dihasilkan orang lain
|
Bersenandung saat
melakukan kegiatan
|
B.
Pelaksanaan
Metode yang digunakan adalah
metode kelompok. Dimana anak dikelompokkan menjadi 3, jadi setiap kelompok akan
melakukan kegiatan berbeda dan kemudian rolling hingga ketiga kegiatan dapat
dilaksanakan. Tiap kegiatan diberi waktu 15 menit. Berikut rencana kegiatan
harian dari awal sampai akhir kegiatan :
RENCANA KEGIATAN HARIAN
Minggu / hari : Minggu 15 / 2
Sasaran :
TK B
Alokasi waktu : 08.20 – 10.10
Materi :
Binatang Udara (Ciri-ciri Burung Beo)
Urutan kegiatan
A.
Pembukaan
(morning meeting)
1.
Salam
pagi hari : menyambut kedatangan anak
dengan senyuman dan pelukan
hangat
hangat
2.
Ikrar
dan doa : anak bersama guru, boleh
dipimpin salah satu anak yang bersedia
3.
Jurnal
pagi : menanyakan keadaan anak
pagi ini, membicarakan kegiatan kemarin dan kegiatan yang akan dilakukan hari
ini (appersepsi)
menggunakan gambar. Kemudian guru mengajak anak untuk tepuk semangat dan
tepuk beo...
Tepuk
semangat !!
Huuu...
Haaa...
Huuu...haaaa....
Tepuk
Beo
Warna – warni
Berparuh
Berbulu
Dan berbunyi
Assalamu’alaikum...Assalamu’alaikum
B.
Kegiatan Inti
Aspek
Pengembangan Dan Indikator
|
Strategi
Pembelajaran
|
Pengalaman
Belajar Dan Urutan Kegiatan
|
Asesmen
Perkembangan Anak
|
||
Materi
|
Metode
|
Media
|
|||
Senam gerakan
binatang
|
Senam gerakan beo
|
Praktek langsung
|
Sound dan flashdisk
|
·
Guru mengajak anak untuk berdiri
dan membuat lingkaran
·
Guru mencontohkan senam gerakan
binatang
·
Anak menirukan gerakan guru
·
Istirahat sejenak sebelum
melanjutkan kegiatan
·
Circle time, guru menjelaskan
kegiatan yang akan dilakukan anak hari ini dan membagi anak menjadi 3
kelompok
·
Anak melakukan kegiatan bersama
kelompok masing - masing
|
Perbuatan
|
Menceritakan kembali
isi cerita yang telah dilihat
|
Beo yang ramah
|
Pemberian tugas
|
Video, laptop,
infocus proyektor dan LCD
|
·
Guru mengkondisikan anak
·
Guru mulai memutar video
·
Anak menonton dengan seksama
·
Guru menunjuk anak ke depan untuk
menceritakan apa yang terjadi didalam video
|
Unjuk kerja
|
Menggambar bentuk
burung
Bersenandung saat
melakukan kegiatan
|
-
|
Pemberian tugas
|
Komputer dan
perangkatnya
|
·
Guru membacakan syair yang akan
dibaca anak\
·
Guru memanggil satu persatu anak
untuk bersyair
|
Penugasan
|
Mengelompokan majalah
sesuai dengan ukurannya (besar, sedang dan kecil)
|
Pemberian tugas
|
Majalah dengan
berbagai ukuran
|
·
Guru membacakan aturan permainan
·
Anak yang paling cepat dalam
mengelompokkan majalah adalah pemenangnya
·
Permainan dimulai
|
penugasan
|
|
Istirahat
Membuang sampah pada
tempatnya
Bermain dengan teman
|
-
|
Pemberian tugas
|
-
|
·
Guru mengkondisikan anak
·
Anak membaca doa sebelum ke kamar
mandi dan antri cuci tangan
·
Anak berdoa sesudah dari kamar
mandi
·
Anak berdoa sebelum makan dan makan
bekal bersama
·
Anak selesai makan berdoa dan membereskan
bekalnya
·
Membuang sampah
·
Kemudian anak bermain bersama
|
Penutup :
-
Jurnal siang : review kegiatan satu
hari, umpan balik dan informasi tentang kegiatan esok hari sebagai motivasi
bagi anak. Kemudian anak diajak tepuk beo.
Do’a pulang dan salam perpisahan.
Post a Comment
Post a Comment