-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tokoh PAUD : Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Berdasarkan Pandangan Vygotsky

12 comments
Pelaksanaan Pembelajaran di PAUD Berdasarkan Pandangan Vygotsky

sumber gambar : www.adoptionwales.org

Pelaksanaan pembelajaran yang digunakan Vygotsky dalam menerapkan teori pembelajaran di PAUD adalah sebagai berikut: 
1. Menyediakan pengalaman belajar dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sedemikian rupa sehingga belajar melalui proses pembentukan pengetahuan. 

2. Menyediakan berbagai alternatif penglaman belajar, tidak semua mengerjakan tugas yang sama, misalnya suatu masalah dapat diselesaikan dengan berbagai cara. 

3. Mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi yang realistic dan relevan dengan melibatkan pengalaman konkrit, misalnya untuk memahami suatu konsep siswa melalui kenyataan kehidupan sehari-hari. 

4. Mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya transmisi social, yaitu terjadinya interaksi dan kerja sama seseorang dengan orang lain atau dengan lingkungannya, misalnya interaksi dan kerja sama antara siswa, guru, dan siswa-siswa. 

5. Memanfaatkan berbagai media termasuk komunikasi lisan dan tertulis sehingga pembelajarn lebih efektif. 

6. Kegiatan pembelajaran berdasarkan teori belajar Vygotsky antara lain: 
• Menyusun Balok Diharapkan anak dapat membangun imajinasinya tentang bentuk dan ruang memanipulasi bangunan dari balok-balok yang telah tersedia. 
• Menyampaikan Cerita Menyampaikan cerita biasanya memberikan keuntungan dalam mengembangkan bahasa dan kreativitas. Vigotsky juga menggunakan hal itu untuk mendorong perkembangan ketajaman ingatan, berpikir logis dan pengenalan diri. 
• Permainan Dramatik Merupakan suatu kegiatan mengungkapakan seluruh fungsi mental tinggi, pengendalian diri dan berbagai fungsi simbolik. Pada saat anak menampilkan tingkat mental tinggi pada ZPD selama bermain seringkali menunjukkan tema-tema, cerita dan gerakan yang merupakan wujud perkembangan. Anak-anak seharusnya dapat mendorong dan mengartikulasikan hal-hal yang akan mereka kerjakan pada permainan sebelum mereka memulainya. 
• Penulisan Jurnal Anak melakukan komunikasi dengan orang lain melalui berbagai ungkapan secara tertulis.

Related Posts

There is no other posts in this category.

12 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter