-->

Ad Unit (Iklan) BIG

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI/ GROWTH AND DEVELOPMENT OF PHYSICAL MOTOR Early Childhood (Part1) By Ayunda S. Ifadah

Post a Comment
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua hal yang dialami oleh setiap orang. Dua hal tersebut bisa dibilang sebuah lorong. Meskipun lorong yang dilewati oleh setiap orang sama, tetapi tiap – tiap orang memiliki waktunya sendiri. Contohnya saja si A dan si B, walaupun mereka lahir pada hari yang sama tapi waktu melewati lorong tersebut berbeda – beda. Bisa saja si A lebih dahulu perkembangan bahasanya daripada si B, tapi si B perkembangan fisik motoriknya yang lebih unggul. Sehingga kita sebagai orang dewasa tidak bisa memaksa anak untuk melewatinya. Tetapi ada masa dimana sesorang mengalami pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat yaitu anak – anak atau pada masa usia dini.

Pada masa usia dini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, baik dari segi kognitif, bahasa, moral agama, sosio-emosional dan tidak kalah pentingnya adalah fisik motoriknya. Dimana fisik motorik mengalami pertumbuhan yang signifikan selama rentan hidup anak. Bicara fisik motorik, maka tidak luput dengan yang dinamakan gerak. Gerak yang dapat dilihat adalah saat anak bermain. Saat bermain akan terlihat dengan jelas pertumbuhan fisik motorik anak. Semakin sering ia bermain atau melakukan gerakan fisik, maka akan semakin kuat dan terampil. Karena kuat dan terampilnya fisik motoriknya akan bermanfaat untuk meningkat pertumbuhan aspek –aspek kemampuan yang lainnya (Sujiono dkk, 2008).

Sudah dijelaskan diatas bahwa perkembangan fisik motorik anak erat kaitannya dengan gerak. Dimana gerak itu sendiri dipengaruhi oleh otot dan sistem saraf. Sedangkan yang mengintruksikan atau yang menguasai otot dan sistem saraf itu sendiri adalah otak. Jadi kendali utama dari gerak pada anak adalah otak. Otak secara simultan dan berkesinambungan terus mengolah informasi yang diterima menjadi sebuah gerakan. Semakin sering seorang anak bergerak atau melakukan aktifitas, maka kekuatan motoriknya semakin kuat dan tubuhnya juga semakin sehat. Anak – anak yang baik perkembangan motoriknya, biasanya ia juga mempunyai keterampilan sosial positif. Dimana ia mampu mengimbangi gerakan teman sebayanya saat bermain, seperti melompat dan berlari sehingga anak merasa senang (Sujiono dkk, 2008). Aqib (2009) juga mengatakan bahwa secara langsung dan tidak langsung perkembangan fisik motorik anak akan mempengaruhi konsep diri dan perilaku sehari –hari anak. Melihat dari latar belakang tersebut, dirasa penting untuk membahas perkembangan fisik motorik anak usia dini.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik anak usia dini?
2.      Bagaimana keterampilan motorik anak?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan fisik anak usia dini
Untuk mengetahui bagaimana keterampilan motorik anak

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter